Rabu, 03 April 2013

Kuliner Bakso Malang

Bakso merupakan makanan yang uda familiar banget di Indonesia. Selain rasanya yang maknyus, harganya juga relatip terjangkau buat kantong. Gak heran di Indonesia penjual bakso begitu menjamur.

Bakso berasal dari kuliner Tionghoa, berasal dari kata Bak-so, yang artinya daging babi giling. Namun karena umumnya penduduk Indonesia beragama Islam, maka daging babi ini banyak di ganti dengan daging dari sapi, ikan , udang, ato pun ayam.

Oya, uda pada tau kan kota apa di Indonesia yang terkenal dengan kuliner bakso nya?
Yap, tepat banget, Kota Malang. Jangan bilang uda ke Malang kalo belum cobain kuliner bakso nya. Ini sama seperti jangan bilang uda ke Jogja kalo belum cobain gudeg nya.

Berhubung saat ini gue sedang menimba ilmu Di Malang. Gue suka banget untuk kuliner baksonya.
Kebetulan gue emang doyan benget sama makanan ini.

Pertama kali tempat makan bakso di Malang yang gue coba santap adalah Bakso Kota Cak Man.
Bakso Kota Cak Man ini uda memiliki banyak cabang di Malang. Dan setau gue di kota-kota lain juga uda ada cabang nya. Bakso Kota Cak Man ini uda terkenal banget pokoknya di Malang. Selain itu bakso ini juga pernah masuk dalam rekor muri dengan membuat bakso ukuran jumbo.



Terus ada lagi Bakso Pak Man. Ini beda lagi dengan Bakso Kota Cak Man. Tempatya si emang gak terlalu bagus, tapi yang palinng penting menurut gue rasanya. Maknyus banget deh pokoknya. Bakso Pak Man ini adalah pencetus bakso bakar pertama kali di Malang. Keunikan makan disini adalah kita bebas mengambil mi putih dan kuah seberapapun yang kita mau. Bagi anak kos tntu ini menjadi hal yang di gemari, apalagi di akhir bulan. Oya, bakso disini juga termasuk murah, per biji nya hanya 1500. Gue saranin, kalo pergi ke sini patut cobain bakso bakarnya. Gak bakal nyesal pokoknya.




Dan 1 lagi kuliner bakso yang harus di cobain di Malang adalah Bakso Gun. Gue juga baru tau tempat ini ketika gue nonton acara kuliner di TV. Di bakso Gun ini keunikanya adalah cara penyajianya. Kuah baksonya gak langsung disiram ke bakso kita. Melainkan kuahnya di sajikan di dalam panci oleh si pelayan  dan kemudian akan diletakan diatas kompor, kompor itu berada di meja makan kita. Jadi mirip dengan makan di restorran Jepang.








 Namun gak cuman itu aja kok, masi banyak kuliner bakso lainya di kota Malang. Namanya juga kota Bakso

1 komentar: